Kendaraan Modifikasi Bukan Patung, Harus Layak Jalan

Written By Unknown on Minggu, 06 Oktober 2013 | 12.59


Yogyakarta, KompasOtomotif - Kustomfest 2013 yang diselenggarakan setahun sekali, tak pernah lupa mengampanyekan fungsionalitas kendaraan modifikasi. Seperti tahun ini, syarat utama untuk ikut kontes adalah harus layak jalan. Tak cuma mesin sehat, tetapi juga bisa "jalan normal" layaknya kendaraan standar.


Hal ini berawal dari keprihatinan penyelenggara, bahwa selama ini banyak kontes modifikasi yang menampilkan ubahan ekstrem, namun jangankan jalan, mesinnya saja kadang susah dihidupkan. "Kendaraan custom dan modifikasi bukan patung. Semua yang ikut Kustomfest pun diseleksi ketat lewat proses semalaman. Ini penting untuk mengedukasi builder bahwa perhatian bukan cuma pada penampilan," tegas Lulut Wahyudi, Director Kustomfest.


Jika semua boleh pamer, seharusnya peserta Kustemfest 2013, khususnya kategori sepeda motor mencapai lebih dari 250 peserta. Karena banyak yang terganjal regulasi itu, akhirnya panitia hanya memajang tak sampai 200 sepeda motor. Kategori mobil Hot Rod pun demikian, melalui proses ketat sebelum diberi lampu hijau pamer tampang di Jogja Expo Centre.


Salah satu bukti juga, Roland Sands, builder AS dari Roland Sands Design (RSD) "membetot" Harley-Davidson Sporster 1200 yang sudah berubah wajah menjadi model cafe racer usai membuka acara. Dia melakukan aksi burn out di dalam gedung, membuktikan bahwa mesin oke dan layak jalan.


"Burn out, atau memutar roda belakang sampai berasap butuh tenaga maksimal mesin. Kita tidak akan tahu sepeda motor oke atau tidak jika tak dicoba. Jika di-burn out saja oke, ketika dipakai jalan pasti oke," ucap Lulut.


Jadi, tantangan builder saat ini tak hanya membuat sepeda motor sedap dipandang dengan segala kreativitas, tetapi juga memastikan layak jalan, entah bagaimana caranya.


Editor : Aris F. Harvenda

Anda sedang membaca artikel tentang

Kendaraan Modifikasi Bukan Patung, Harus Layak Jalan

Dengan url

http://removefoodstress.blogspot.com/2013/10/kendaraan-modifikasi-bukan-patung-harus.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kendaraan Modifikasi Bukan Patung, Harus Layak Jalan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kendaraan Modifikasi Bukan Patung, Harus Layak Jalan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger