Tes Jakarta-Bogor, Keiritan Mirage 18,47 Km/Lt

Written By Unknown on Selasa, 13 November 2012 | 12.07


OTOSIA.COM - Dalam sebuah pengetesan Mitsubishi Mirage mampu memaksimalkan penggunaan konsumsi BBM kendati ditumpangi lebih dari dua orang. Keiritan city car ini dibuktikan dalam Mirage Eco-Smart Drive for Mitsubishi's Smart Salesman yang berlangsung baru-baru ini. Hasilnya, Mirage cuma butuh 1 liter bensin untuk menempuh jarak 18,47 km.


Kegiatan 'Mirage Eco-Smart Drive' diikuti oleh 27 orang peserta mewakili 13 Mitsubishi Passenger Car dealer yang ada di Jakarta dan Bandung. Setiap tim terbagi dalam 9 grup dengan 9 unit Mitsubishi Mirage.


Dalam pengetesan Mirage diisi muatan penuh 4 penumpang dengan jarak tempuh 150 km dengan lebih dari 6 jam perjalanan, ditambah dengan kemacetan. Trek yang dilalui beragam, seperti melewati tol, jalan perkotaan yang penuh kemacetan, hingga kawasan pegunungan yang menanjak. Berbagai jenis kondisi jalan ini dipilih untuk menyesuaikan penggunaan aktual sehari-hari para konsumen Mitsubishi Mirage.


Dengan kondisi yang cukup berat tersebut, Mirage transmisi manual sanggup menjelajah sejauh 18,47 km/liter, sementara varian transmisi otomatis (CVT) menghabiskan 1 liter BBM untuk jarak tempuh 16,71 km dengan metode pengukuran 'full to full'.


"Hasil yang sangat memuaskan. Ini adalah pertama kalinya Mirage diuji coba dengan pemakaian normal seperti layaknya penggunaan sehari-hari para konsumen Mirage. Dan pengendaranya pun para tenaga salesman yang tentunya memiliki teknik berkendara yang normal saja, tanpa keahlian khusus. Ditambah lagi rute yang jauh, loading penumpang dan barang yang berat ditambah kondisi jalan yang jauh dan macet," ujar Rizwan Alamsjah, Executive Marketing Director PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB)


"Dengan kondisi terberat ini, Mirage memberikan hasil yang sangat luar biasa bagi sebuah city car. Tentunya hasil yang lebih tinggi sangat dimungkinkan untuk pengendaraan dalam kota dengan loading serta kondisi yang lebih ringan," tambahnya.


Metode pengukuran 'Full to Full' yaitu pengisian penuh tangki bahan bakar sebelum dan setelah eco-driving selesai dibantu dengan gelas ukur. Dimana metode ini lebih akurat bila dibandingkan dengan hasil yang ditunjukkan di Multi Information Display (MID) kendaraan.


MID kendaraan pada umumnya menunjukkan referensi kondisi terakhir pemakaian konsumsi bahan bakar, dimana hal itu tergantung dengan kondisi jalan pada saat tersebut.


Sebelumnya, dalam eco-drive yang dilaksanakan tim KTB yang berisi total 3 (tiga) penumpang dalam kecepatan konstan 60 km/h, Mirage capai 30,8 km/lt untuk transmisi manual. Dan 29,6 km/liter untuk jenis transmisi CVT. Pada pengetesan tersebut digunakan alat khusus/fuel consumption meter.


Pengetesan


Sebelum hasil konsumsi didapat, tanki 9 unit Mirage diisi penuh bahan bakar bensin RON 92. Pengisian BBM disaksikan oleh para peserta dan KTB, lalu disegel. Mulai start dari Hotel Lobby - Epicentrum Jakarta pada jam 13.00 WIB, Mirage melintasi rute dalam kota Jakarta yang padat menuju Rest Area Cibubur Square.


Saat melintasi jalur Puncak, Mirage pun ditantang untuk melewati tanjakan dan turunan. Kondisi lalu lintas di daerah Ciawi - Bogor yang saat itu sangat padat cenderung macet, merupakan tantangan sendiri.


Perjalanan Mirage berlanjut ke daerah Kebun Raya Bogor, masih dengan kepadatan Kota Bogor. Perjalanan kembali ke Jakarta yang memakan waktu yang cukup lama karena jarak tempuh yang jauh ditambah lagi memasuki kota metropolitan ini tepat saat usai jam kantor sehingga macet tak terelakkan lagi.


Perhitungan konsumsi bahan bakar dari 9 unit Mitsubishi Mirage dimulai saat semua peserta sampai di garis finish. Hasilnya, Mitsubishi Mirage, yang ditumpangi oleh 4 orang setiap mobilnya mampu mencapai hasil tertinggi 18,47 km/liter untuk varian manual serta 16,71 km/liter untuk matik.(kpl/nzr/vin)


Anda sedang membaca artikel tentang

Tes Jakarta-Bogor, Keiritan Mirage 18,47 Km/Lt

Dengan url

http://removefoodstress.blogspot.com/2012/11/tes-jakarta-bogor-keiritan-mirage-1847.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Tes Jakarta-Bogor, Keiritan Mirage 18,47 Km/Lt

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Tes Jakarta-Bogor, Keiritan Mirage 18,47 Km/Lt

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger