BUDAPEST, KOMPAS.com — FIA atau asosiasi balap mobil dunia menambahkan satu zona pengaktifan DRS di Sirkuit Hungaroring pada balapan GP Hongaria, akhir pekan ini.
DRS atau Drag Reduction System adalah bentuk penyesuaian badan mobil yang dilakukan pebalap untuk mengurangi tarikan aerodinamik pada saat mobil akan melewati mobil lain di depannya. Artinya, ketika mobil mengaktifkan DRS, dia akan memiliki kecepatan lebih yang akan membantunya untuk melakukan overtaking.
Sudah tentu, DRS tidak bisa diaktifkan sesuka pebalap. Ada beberapa aturan yang harus dipenuhi. Misalnya, DRS hanya boleh diaktifkan di zona yang sudah ditentukan oleh FIA. Umumnya hanya ada satu zona DRS di setiap sirkuit, kecuali untuk lintasan-lintasan panjang seperti Valencia dan Montreal.
Tahun ini FIA membuat satu area tambahan di Hungaroring, yakni setelah tikungan 14, sebelum garis finis. Satu area DRS sebelumnya, yakni setelah tikungan satu hingga memasuki tikungan dua, dianggap terlalu pendek. Karena itulah dibuat area tambahan.
Selain hanya boleh diaktifkan di tempat yang sudah ditentukan, DRS juga hanya boleh dipakai oleh mobil yang akan menyalip, jika jarak dengan mobil di depannya adalah di bawah satu detik.
Pebalap yang akan disalip tidak boleh mengaktifkan DRS, kecuali di depannya ada mobil lain dengan jarak di bawah satu detik juga.
Para pebalap boleh mengaktifkan DRS, setelah genap dua putaran awal balapan, atau dua putaran setelah start ulang, atau dua putaran setelah safety car meninggalkan lintasan.
Perubahan peraturan
Hungaroring masuk kalender balapan F1 sejak 1986 dan tahun ini akan jadi balapan ke-28 secara beruntun. Hungaroring merupakan sirkuit terbanyak ketiga yang menggelar balapan F1 setelah Monaco (89) dan Monza (32).
Ada beberapa perubahan yang dilakukan di sirkuit ini, di antaranya penambahan pagar untuk puing-puing di sisi kiri lintasan pit, dan sistem drainase di trotoar saat keluar dari tikungan tiga, delapan, dan sembilan. Tapi, ramalan cuaca menyatakan hari akan panas pada balapan akhir pekan ini, dengan suhu 39 derajat celsius. Artinya, sistem drainase tampaknya belum akan terpakai.
Pirelli akan datang dengan spesifikasi ban baru untuk menghindari insiden ban yang terjadi belakangan ini. Mereka sudah menguji ban ini di Silverstone pada Young Driver's Test, pekan lalu.
Ada perubahan peraturan di area pit, yakni protokol keselamatan yang akan dimulai dari GP Hongaria. Seluruh anggota tim wajib memakai pelindung kepala saat berada di area ini. Selain itu juga akan ada sanksi bagi siapa pun selain marshal dan anggota tim, yang berada di pit lane selama proses balapan atau kualifikasi.
Limit kecepatan di pit lane saat balapan dikurangi dari 100km/jam menjadi 80 km/jam. Kebijakan ini sudah pasti akan berimbas pada strategi tim berkaitan dengan pit stop.
Editor : Pipit Puspita Rini
Anda sedang membaca artikel tentang
Dua Area DRS di Hungaroring
Dengan url
http://removefoodstress.blogspot.com/2013/07/dua-area-drs-di-hungaroring.html
Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya
Dua Area DRS di Hungaroring
namun jangan lupa untuk meletakkan link
sebagai sumbernya
0 komentar:
Posting Komentar