Andrea Hirata Masuk Nominasi Sastra Terbaik Jerman  

Written By Unknown on Selasa, 12 Februari 2013 | 12.07


TEMPO.CO, Jakarta - Penulis Indonesia Andrea Hirata mulai mengharumkan dunia Sastra Indonesia di dunia Internasional. Setelah berbagai prestasi yang ia raih dengan buku pertamanya, Laskar Pelangi, kali ini buku itu pula membawanya menjadi salah satu nominasi penulis sastra terbaik dalam ajang anugerah sastra Jerman, TB Buchawards 2013.


Pria bertopi ini, adalah nominator satu satunya yang berasal dari Indonesia. Nominator lain adalah pengarang asal India Kiran Nagarkar, pasangan penulis Steffen Moller dan Stefan Nink. Nominator lain adalah petualang dan pasangan penulis Christoph Rehage serta Gunda Urban-Rump dan Peter Rump.


"Ini nominasiku di Jerman dengan penulis lainnya," katanya di Daily Coffee Shop Epicentrum Kuningan, Jakarta pada Senin 11 Februari 2013. Pengumuman pemenang dan penganugerahan penghargaan bergengsi ini akan dilakukan pada bulan 8 Maret 2013 mendatang.


Karya pertama Andrea, Laskar pelangi ternyata sudah membuka pintu sastra Indonesia di dunia Internasional. Buku ini sudah diterjemahkan di berbagai negara. Penerbit Hanser-Berlin di Jerman menerbitkan buku yang terbit pada 2005 itu dengan judul Die Regenbogen Truppe. Di Australia dan Selandia Baru buku yang sudah difilmkan itu berjudul The Rainbow Troops. Dan masih banyak nama Laskar Pelangi dalam berbagai bahasa asing lain.


Sampai saat ini buku Laskar Pelangi sudah diterbitkan di 33 negara di dunia, namun jumlah itu akan terus bertambah. "Tahun 2013 ini akan ada 46 lagi negara yang menerbitkan Laskar Pelangi. Jadi tahun ini jumlahnya akan genap 79 negara," kata Andrea.


MITRA TARIGAN


Anda sedang membaca artikel tentang

Andrea Hirata Masuk Nominasi Sastra Terbaik Jerman  

Dengan url

http://removefoodstress.blogspot.com/2013/02/andrea-hirata-masuk-nominasi-sastra.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Andrea Hirata Masuk Nominasi Sastra Terbaik Jerman  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Andrea Hirata Masuk Nominasi Sastra Terbaik Jerman  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger