Awas, Ada Kondisi Banjir Tidak Ditanggung Asuransi

Written By Unknown on Jumat, 18 Januari 2013 | 12.59


Jakarta, KompasOtomotif – Sekalipun mobil Anda sudah diasuransikan dengan tingkat pertangungan "all risk", ketika mengalami musibah belum tentu mendapat ganti secara menyeluruh. Semisal banjir yang saat ini sedang "hip" di Jakarta dan daerah lain. Oleh karena itu, pastikan pada saat pengajuan permohonan asuransi, sudah dilengkapi dengan perluasan perlindungan yang sesuai kebutuhan termasuk banjir dan risiko lain.


Menurut Ernita Sari, Business Support Deputy Division Head Adira Insurance, setiap perusahaan asuransi mempunyai paket yang berbeda-beda. Itu pun bergantung kondisi dan kebutuhan costumer. ”Memang kesannya all risk itu jika diterjemahkan semua risiko ditanggung. Tapi tidak begitu. Makanya, di Autocillin disebut komprehensif, bukan all risk,” ujar Nita kepada KompasOtomotif.


Nita menambahkan, paket asuransi komprehensif (all risk) meng-cover beberapa kejadian seperti kehilangan, keserempet, baret-baret, kecurian spion, hingga kerusakan akibat tabrakan di jalan. Selebihnya, seperti rusak karena huru-hara, sabotase, bencana alam, atau juga banjir, bentuknya adalah perluasan dan membutuhkan biaya tambahan, nilainya 0,15 persen per kasus.


Terjang Banjir, Tak Di-Cover
Meski dalam polis sudah tertulis perlindungan banjir, ada hal yang membuat klaim ditolak, yaitu menerjang banjir dengan sengaja. Nita mengatakan bahwa hal ini sudah ada aturannya dalam Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI).


”Kalau sudah melihat genangan yang cukup tinggi, dan tidak yakin bisa lewat, lebih baik urungkan niat menerobos banjir. Tapi kalau nekat, dan tiba-tiba mogok, asuransi biasanya tak akan mengganti biaya kerusakan,” bebernya.


Jadi singkatnya, yang di-cover asuransi adalah kebanjiran yang sifatnya tak disengaja. Misalnya asyik nonton berita banjir tapi tak sadar basement di kantornya menenggelamkan seluruh mobil yang parkir, termasuk mobilnya sendiri. Atau ditinggal tidur di rumah, ketika bangun tiba-tiba mobil sudah terendam banjir.


Anda sedang membaca artikel tentang

Awas, Ada Kondisi Banjir Tidak Ditanggung Asuransi

Dengan url

http://removefoodstress.blogspot.com/2013/01/awas-ada-kondisi-banjir-tidak.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Awas, Ada Kondisi Banjir Tidak Ditanggung Asuransi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Awas, Ada Kondisi Banjir Tidak Ditanggung Asuransi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger