Gerak Tari Menduplikasi Aksara Jawa

Written By Unknown on Selasa, 04 Desember 2012 | 12.07


TEMPO.CO, Surakarta - Bagaimana tubuh membuat bentuk visual aksara? Inilah yang dilakukan enam penari kelompok Independent Expression di Teater Arena Taman Budaya Surakarta Senin malam 3 Desember 2012. Dalam pentas tari bertajuk Aksara Tubuh penari mengeksplorasi kelenturan tubuh mereka dengan meliukkan tangan, bahu, pinggang, leher, dan bahkan menggulingkan tubuh mereka untuk menduplikasi lengkungan huruf jawa yang disebut Hanacaraka itu.


Gerak tubuh meliuk dan melengkung dilakukan dengan ekstrem dan mendominasi pementasan berdurasi 60 menit itu. Keenam penari  menggunakan berbagai sudut ruang untuk bergerak. Tidak hanya di panggung, mereka juga melakukan eksplorasi gerak di kursi tribun penonton yang sengaja dikosongkan.


»Aksara Tubuh mencoba mendaur ulang gerakan tari tradisional Jawa menjadi sebuah gerak kontemporer,” ujar koreografer tari ini Bobby Ari Setiawan.


Sentuhan penggunaan peralatan multimedia membuat pertunjukan itu lebih berwarna. Animasi huruf ciptaan Aji Saka itu disorotkan ke dinding ruangan. Terkadang, penari sengaja membiarkan sorot proyektor menerpa tubuh mereka.


Pentas tari ini diiringi berbagai musik dengan pergantian yang ekstrim. Iringan musik tekno tiba-tiba berubah menjadi suara gamelan dan bahkan lagu Rayuan Pulau Kelapa yang masih sering diperdengarkan siaran Radio Republik Indonesia. "Bicara tentang Bahasa Jawa, kami harus riset dengan sering mendengarkan siaran Radio Republik Indonesia," kata Bobby. Dia masih ingin mencoba menafsirkan makna filosofis tiap huruf Hanacaraka, dengan tetap menjadikan tubuh sebagai medium.


Sejak berdiri 10 tahun lalu, Independent Expression mencoba fokus pada tari kontemporer berbasis tradisi. Penari merupakan mahasiswa dan alumni Institut Seni Indonesia (ISI) Solo yang mendalami tari tradisional, khususnya tarian jawa.


Seniman gerak, Suprapto Suryodarmo menilai Aksara Tubuh merupakan hasil keliaran dalam penggalian kreatifitas. "Ide yang liar ini menghasilkan  pertunjukan yang segar dan berbeda," kata pengasuh Padepokan Lemah Putih ini.


AHMAD RAFIQ


Berita populer


Bupati Garut Aceng: Saya Masih Sayang Fany 


Fany Oktora Laporkan Bupati Garut ke Mabes Polri 



Pramono Anung: Bupati Garut Harus Ditegur 


Janda Bupati Garut Alami Kekerasan Psikis


Janda Bupati Garut Sebenarnya ''Ogah'' Lapor ke Polisi  


Heboh Video Ahok, PRJ Belum Mau Berkomentar  


Anda sedang membaca artikel tentang

Gerak Tari Menduplikasi Aksara Jawa

Dengan url

http://removefoodstress.blogspot.com/2012/12/gerak-tari-menduplikasi-aksara-jawa.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Gerak Tari Menduplikasi Aksara Jawa

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Gerak Tari Menduplikasi Aksara Jawa

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger