Pencegah Tabrakan Saat Parkir dari Toyota

Written By Unknown on Senin, 19 November 2012 | 12.59


Toyota City, KompasOtomotif – Selain mengembangkan Pre-collision System (PCS) untuk mencegah mobil menyeruduk atau menabrak kendaraan yang berada di depan saat jalan, Toyota juga mengembangkan dua sistem keamanan baru, yaitu Intelligent Clearance Sonar (ICS) dan Drive-start Control (DSC). Targetnya, untuk mengurangi tabrakan saat parkir. 

Menurut Toyota, berdasarkan data terbaru, 7.000 tabrakan setiap tahun di Jepang terjadi akibat salah injak pedal, khususnya di tempat parkir. Pengembangan kedua sistem ini akan menbantu mengurangi kerusakan akibat tabrakan, khususnya bila salah injak pedal (menginjak pedal gas) atau posisi gigi tidak tepat. 



ICS menggunakan sonar untuk mendeteksi obyek tersembunyi atau tidak terlihat oleh pengemudi. Sistem akan bekerja secara otomatis ketika rem dioperasikan dan kemungkinan terjadinya tabrakan. Kedua, DSC berfungsi mengontrol tenaga mesin bila pengemudi salah menempatkan posisi gigi sekaligus menginjak pedal gas, khususnya saat mobil diam atau berjalan lambat. Kedua sistem ini juga direncanakan Toyota akan digunakan pada model-modelnya yang akan diluncurkan pada tahun-tahun mendatang.



Intelligent Clearance Sonar
Ketika Clearance Sonar mendeteksi kemungkinan terjadi tabrakan, misalnya dengan dinding di garasi, sistem akan mengeluarkan bunyi berupa alarm. Pada saat bersamaan, tenaga mesin atau motor listrik dikurangi, rem juga diaktifkan secara otomatis.  



Drive-start Control
Jika pengemudi salah menempatkan posisi tongkat transmisi, pedal gas diinjak, gigi dipindahkan secara tidak normal, muncul peringatan. Selanjutnya, tenaga mesin atau motor dikurangi untuk membatasi mobil bergerak atau berakselerasi secara mendadak.



Saat mundur di tempat parkir, pengemudi bisa saja menabrak obyek. Khususnya saat pertama kali pengemudi menghidupkan mesin dan memindahkan gigi dari mundur ke maju sembari terus menekan pedal gas. Pada kondisi seperti itu, Drive-start Control mengurangi tenaga mesin dan motor untuk mencegah tabrakan. 


Anda sedang membaca artikel tentang

Pencegah Tabrakan Saat Parkir dari Toyota

Dengan url

http://removefoodstress.blogspot.com/2012/11/pencegah-tabrakan-saat-parkir-dari.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pencegah Tabrakan Saat Parkir dari Toyota

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pencegah Tabrakan Saat Parkir dari Toyota

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger