Ghiboo.com - Chevrolet Colorado terbagi dalam beberapa varian. Varian extended-cab (kabin lebih besar ketimbang pick up biasa) dengan dua penumpang, menjadi yang paling sederhana, dan dibanderol Rp 265 juta.Varian dengan harga "miring" ini tentu saja dapat menjadi penantang serius, meskipun dengan keterbatasan fitur, bahkan pembuka kaca jendela masih memakai tuas putar konvensional.>Varian tertingginya adalah Chevrolet Colorado Crew Cab LTZ, yang dibanderol Rp343 juta atau lebih mahal Rp78 juta ketimbang versi extended cab. Dilihat dari seli?sih harganya yang begitu besar, seharusnya LTZ pun memiliki kualitas yang jauh di atas versi extended cab yang berdimensi lebih pendek.>Berangkat dari asumsi ini, varian LTZ-lah yang kami pilih dalam pengujian di medan offroad di kawasan Sentul Selatan, Bogor.>Meski seluruh varian memakai mesin diesel Duramax 2,5 liter yang dikencani transmisi 5 percepatan dan penggerak 4 roda, hanya varian LTZ yang memiliki fitur keselamatan aktif dan pasif: anti-lock braking system (ABS) dan dual SRS airbag.>Untuk performa di medan offroad, saat menghadapi tanjakan curam dan licin menggunakan low-gear (L), cukup masukkan gigi satu lalu angkat pedal kopling, mobil akan merayap menanjak, meskipun pedal gas tidak diinjak.>Ini semua bisa terjadi lantaran electronic control unit (ECU) akan membaca medan yang dihadapi dan menyalurkan torsi ke roda yang butuh momentum lebih besar.>New Colorado dibekali limited slip differential (LSD) yang membuat mobil ini piawai membagi traksi. LSD juga memberi kestabilan saat menikung di jalan aspal.>Mesin diesel baru Duramax 2,5 liter DOHC, common-rail direct injection, turbocharger dengan intercooler menghasilkan tenaga 150 hp pada 3.800 rpm dan torsi maksimum 350 Nm pada 2.000 rpm.>Performa mesin baru ini cukup kompetitif, karena meski tenaganya tertinggal dari Nissan Navara (174 hp), namun masih lebih besar dari Strada Triton (136 hp), Toyota Hilux (144 hp), dan sama dengan Ford Ranger (150 hp). Tetapi, perlu dicatat bahwa All New Ranger yang menjadi acuan adalah Ranger berkapasitas 2,2 liter.>Torsinya pun unggul dari Triton (313 Nm) dan Hilux (343 Nm), walaupun kalah dari Navara (402 Nm) dan Ranger (375 Nm). Lantaran torsi maksimumnya muncul di putaran yang cukup rendah (2.000 rpm), General Motors mengklaim Colorado belum perlu memakai variable geometry turbo (VGT).>Memang sah-sah saja, tetapi terkadang jeda turbo pada Colorado kerap terasa lantaran masih mengadopsi fixed geometry turbo.>Di soal pengendaraan, bagian buritannya cukup stabil saat diajak melewati permukaan jalan bergelombang, padahal suspensi belakangnya masih memakai per daun semi eliptis, tidak seperti suspensi depannya yang sudah independen.>GMI mengaku pengembangan sasis ladder yang diperkuat dengan delapan cross member menghasilkan kestabilan mobil.>Apalagi suspensi belakangnya juga memiliki teknologi self-levelizer (ketinggiannya dibanding bagian depan mobil menyesuaikan dengan beban yang diangkut), sehingga mobil tetap stabil meski dimuati beban berat.>Beralih ke bagian interior, meski desainnya terbilang sederhana, namun interior varian LTZ kini lebih tampan, berkat tambahan ornamen dan menawarkan nuansa kenyamanan di bagian interiornya.>Kabin berkonsep dual-cockpit ini sudah dilengkapi sebuah head unit double-din dengan kontrol audio di lingkar kemudi. Selain itu, lingkar kemudi dibalut kulit seperti joknya. Posisi berkendara cukup baik, apalagi tombol pengaturan kursi pengemudi kini sudah elektronis.>Dengan panjang 5.347 mm, Colo?rado LTZ hanya kalah panjang dari All New Ranger (5.351 mm) dan masih lebih panjang ketimbang Navara (5.230 mm), Triton (5.115 mm), dan Hilux (5.260 mm).>Namun, uniknya, meski Colorado hanya memiliki tinggi 1.781 mm, ground clearance yang dimiliki (270 mm) jauh lebih tinggi dibanding keempat rivalnya. Ditambah lagi, penempatan air intake yang tinggi membuat mobil ini mampu menerjang genangan air seda??lam?? 1 meter.>Melihat harganya yang berkisar di Rp343 juta, masih banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan GMI untuk bisa merebut pasar kabin ganda. Memang harganya masih di bawah Navara (Rp353,5 juta), tapi justru lebih tinggi dari Hilux G MT (Rp 331,7 juta) dan Triton (Rp 326 juta).>Dengan pesaing model anyar Ranger, Mazda BT-50, dan Triton yang masuk Indonesia tahun ini, bisa dipastikan pertarungan di segmen ini akan semakin sengit. Dan Chevrolet sudah mencuri start. (Afz)>(Rizki Satria/Autocar Indonesia April 2012)>
Anda sedang membaca artikel tentang
Chevy Colorado, Mencuri Start!
Dengan url
http://removefoodstress.blogspot.com/2012/10/chevy-colorado-mencuri-start.html
Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya
Chevy Colorado, Mencuri Start!
namun jangan lupa untuk meletakkan link
Chevy Colorado, Mencuri Start!
sebagai sumbernya
0 komentar:
Posting Komentar