Chaerul Umam Disemayamkan di PP Muhammadiyah

Written By Unknown on Jumat, 04 Oktober 2013 | 12.07


TEMPO.CO, Jakarta -Sutradara kondang Chaerul Umam meninggal dunia Kamis 3 Oktober 2013 kemarin sore pukul 15.18. Rencananya Chaerul akan dimakamkan selepas Sholat Jumat di Pemakaman Umum Pondok Kelapa Jakarta Timur, Jumat 4 Oktober 2013. Tetapi sebelum dimakamkan, sutradara film Ramadhan dan Ramona ini akan disemayamkan lebih dulu di Kantor PP Muhammadiyah Menteng, Jakarta Pusat. 


»Disemayamkan dulu disana jam 10 sebelum diantar ke pemakaman,” ujar Aulia Akbar, putra almarhum melalui pesan pendeknya kepada Tempo.


Chaerul Umam --yang akrab dipanggil Mamang-- meninggal akibat sakit stroke dan diabetes yang dideritanya selama beberapa waktu. Dia sempat dirawat di Rumah Sakit Islam Pondok Kopi namun ajal menjemputnya kemarin sore.


Mamang mengawali karir di bidang seni peran sejak masih remaja. Membentuk grup teater di kampungnya, lalu saat kuliah di Universitas Gajah Mada, dia mendirikan grup teater Cuwiri. Dia lalu bergabung di Bengkel Teater pimpinan WS Rendra.


Selepas dari Bengkel Teater dia berkarya di Teater Populer dan Teater Kecil. Di dunia teater dia dikenal sebagai pemain jempolan. »Luar biasa dia sebagai pemain, pernah main bersama dia jadi raja. Hebat sekali,” ujar Nano Riantiarno, sutradara Teater Koma yang berpentas bersama di lakon Pranajaya.


Lepas teater, Chaerul lantas merambah dunia perfilman. Dia mulai mengisi suara suatu film yang dibintangi Roy Marten. Setelah itu dia menjadi asisten sutradara Djajakusuma dan secara tak sengaja menggantikan sutradara Asrul Sani. Dari tangan dinginnya lahir film-film bermutu. Beberapa diantaranya mendapatkan penghargaan Piala Citra seperti Ramadhan dan Ramona, Kejarlah Daku Kau Kutangkap, Joe Turun Ke Desa dan Al Kautsaryang mendapat penghargaan di Festival Film Asia. Salah satu film yang digarapnya adalah Ketika Cinta Bertasbih yang diangkat dari salah satu novel laris. 


DIAN YULIASTUTI


Topik Terhangat:


Ketua MK Ditangkap | Amerika Shutdown | Pembunuhan Holly Angela | Edsus Lekra | Info Haji


Berita Terpopuler:


Penangkapan Akil, Penguntit KPK Tak Tidur Dua Hari 


Ini Obrolan Terakhir Akil Sebelum Ditangkap KPK 


Sehari Sebelum Ditangkap, Akil `Curhat` Soal Tempo 


Kronologi Lengkap Penangkapan Akil Mochtar


Penangkapan Akil Mochtar Dimuat di Seluruh Dunia  



Anda sedang membaca artikel tentang

Chaerul Umam Disemayamkan di PP Muhammadiyah

Dengan url

http://removefoodstress.blogspot.com/2013/10/chaerul-umam-disemayamkan-di-pp.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Chaerul Umam Disemayamkan di PP Muhammadiyah

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Chaerul Umam Disemayamkan di PP Muhammadiyah

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger