Sepeda Gunung, Digowes Ayo Digeber Bisa

Written By Unknown on Sabtu, 10 Agustus 2013 | 13.00


Santa Cruz, KompasOtomotif – Menarik, nih! Di Santa Cruz-California, AS, seorang pengusaha sepeda memproduksi Motoped, sepeda gunung yang diinstal mesin sepeda motor. Pedal untuk menggowes tetap dipertahankan. Ingin irit bahan bakar dan berolahraga lebih berat, silakan dikayuh. Tapi kalau medannya ekstrem dan ingin ”loncat-loncat”, nyalakan mesinnya!


Sepeda gunung bermesin ini sudah menjadi hak paten Motopeds Inc. Harganya bervariasi, bergantung model, jenis mesin yang dipakai, dan kelengkapan, mulai dari 970 Dollar AS, atau setara Rp 10-an juta. Biasanya mesin yang dipakai Honda XR50 (mirip mesin Honda bebek 70cc). Minta mesin merek China juga bisa, dengan harga lebih murah tentunya.


Kerangka, sub-kerangka, dan lengan ayun kustom, sedangkan tangki dan jok diambil dari Honda XR50. Sementara garpu, suspensi depan, roda, pedal, dan ban, diambil dari sepeda gunung. Dimensinya sama persis dengan sepeda, hanya bedanya jok lebih panjang, bertangki bahan bakar, dan bermesin menggantung.


Dengan mesin 50cc saja sudah cukup menggantikan tenaga manusia, apalagi yang benci dengan jalanan menanjak. Meski demikian Motopeds bisa dipesan dengan jantung lebih galak berkapasitas mulai 110-150cc, terutama untuk orang-orang yang ingin ”terbang” bak sepeda motor cross.


Permasalahannya sekarang adalah, jika mesinnya tak bertransmisi otomatis. Penempatan tuas perseneling di kaki kiri akan susah jika mempertahankan konsep gowes. Begitu juga penempatan rem belakang yang biasa di kaki kanan. Kalau ingin seperti ini dan lebih serius ber-off road ria, Motoped bisa dipesan tanpa pedal.


Mau tahu cara mengoperasikannya? Lihat video ini! 



Anda sedang membaca artikel tentang

Sepeda Gunung, Digowes Ayo Digeber Bisa

Dengan url

http://removefoodstress.blogspot.com/2013/08/sepeda-gunung-digowes-ayo-digeber-bisa_10.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Sepeda Gunung, Digowes Ayo Digeber Bisa

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Sepeda Gunung, Digowes Ayo Digeber Bisa

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger