Kenali Ciri dan Penyebab 'V-Belt' Skutik Usang

Written By Unknown on Selasa, 23 April 2013 | 13.00


Jakarta, KompasOtomotif — Pada umumnya V-belt di skutik yang menghubungkan dua pulley umurnya tak lebih dari 20.000 km. Jika odometer sudah menunjukkan angka tersebut, sebaiknya pikirkan untuk menggantinya karena, V-belt bisa putus mendadak pada kondisi tertentu, tanpa ada isyarat bunyi-bunyian.

Menurut Subagya, mekanik bengkel resmi Yamaha di Jalan I Gusti Ngurah Rai, Jakarta Timur; ada beberapa ciri untuk mengenali V-belt yang sudah harus diganti. "Biasanya orang malas membuka sendiri untuk mengecek. Makanya banyak kejadian belt putus di jalan atau bisa juga selip, digas tapi enggak jalan," ujarnya kepada KompasOtomotif beberapa waktu lalu.



Ada dua ciri gejala V-belt mau putus:

1. Lihat cekungan dari huruf V pada bagian bergerigi. Tekan (dari atas atau bawah), jika ada retakan, itu tandanya harus diganti.

2. Dilihat dari samping, sudut bagian yang bergerigi lebih tajam (seperti rantai aus). Ini akibat gesekan dangan pulley. Kalau gejalanya seperti ini, biasanya ada sedikit suara berisik timbul dari rumah CVT.

Untuk menjaga agar V-belt tak cepat aus, Subagya menyarankan agar tidak menggunakan ban di luar ukuran standar. Misalnya, ban bertapak lebar dan berat. Menggerakkan roda itu butuh tenaga lebih besar untuk menarik


pulley

. Ini yang sering membuatnya cepat aus.

"Semua bergantung rute. Kalau setiap harinya jarak yang ditempuh panjang, biasanya V-belt cepat aus karena jeda antara dipakai dan istirahatnya lebih banyak dipakainya. Saran saya, cek setiap dua bulan," ungkap Subagya.



Anda sedang membaca artikel tentang

Kenali Ciri dan Penyebab 'V-Belt' Skutik Usang

Dengan url

http://removefoodstress.blogspot.com/2013/04/kenali-ciri-dan-penyebab-skutik-usang.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kenali Ciri dan Penyebab 'V-Belt' Skutik Usang

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kenali Ciri dan Penyebab 'V-Belt' Skutik Usang

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger