Industri Otomotif China "Melawan" Pemerintah

Written By Unknown on Jumat, 08 Februari 2013 | 12.59


Beijing, KompasOtomotif - Asosiasi Industri Otomotif China (CAAM) menolak dijadikan kambing hitam terkait polusi udara yang terjadi di Beijing bulan lalu. CAAM berkilah, pencemaran udara terbesar justru datang dari pembangkit listrik yang menggunakan batu bara. Pemerintah China pun menaikkan standar emisi gas buang  yang dinilai  kontra produktif terhadap industri otomotif lokal yang sedang berkembang.


"Industri otomotif sudah terlalu banyak dibebani tanggung jawab dalam beberapa tahun terakhir. Misalnya  pembatasan pembelian dan penggunaan  di jalan," komentar Ye Shengji, Wakil Sekertaris Jenderal CAAM yang dilansir Bloomberg (7/2/2013). "Kali ini polusi udara, sekali lagi dijadikan kambing hitam, dan ini tidak masuk akal".


Pelaku industri khawatir, pembatasan pemerintah pusat menyebabkan penjualan mobil makin merosot. Menurut data Kementerian Keamanan Publik China, jumlah populasi kendaraan di jalan tahun lalu meningkat dua kali lipat dari 1999, tahun lalu menjadi 240 juta unit..


"Industri otomotif hanya salah satu dari masalah utama. Bertambahnya jumlah kendaraan di jalan, pasti menyebabkan polusi dan masalah menjadi bertambah besar," beber Ole Hui, analis industri otomotif dari Mizuho Financial Group Incorporated di Hongkong.


Pemerintah pusat China sudah menyatakan segera memberlakukan standar emisi gas buang lebih ketat di seluruh negara itu dengan target akhir 2017. China juga siap memperbarui teknologi penyulingan minyak untuk menghasilkan bahan bakar yang lebih baik supaya bisa menyamai standar emisi di Eropa.

Keputusan pemerintah memberlakukan standar emisi yang ketat dan menunjuk "hidung" industri otomotif China sebagai sumber pencemaran butuh kajian ilmiah yang lebih kuat. Ye Shengji menjelaskan, emisi yang dilepaskan dari knalpot kendaraan di China hanya berkontribusi 22 persen. Karena itu, tanggung jawab jangan langsung dibebankan ke industri otomotif. 



Anda sedang membaca artikel tentang

Industri Otomotif China "Melawan" Pemerintah

Dengan url

http://removefoodstress.blogspot.com/2013/02/industri-otomotif-china-pemerintah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Industri Otomotif China "Melawan" Pemerintah

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Industri Otomotif China "Melawan" Pemerintah

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger