Regulasi Mobil Murah Masih Harus ke DPR

Written By Unknown on Kamis, 03 Januari 2013 | 13.00


Jakarta, KompasOtomotif - Keinginan sejumlah ATPM memasarkan mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC) awal tahun ini dipastikan tertunda lagi. Pasalnya, regulasi Low Emission Carbon (LEC) berupa Peraturan Presiden (Perpres) yang diharapkan keluar akhir tahun lalu, sampai hari tak kunjung terbit. Informasi terakhir, jika lancar Perpres LEC - termasuk regulasi untuk kendaraan berbahan bakar gas, hibrida dan listrik - selesai pada kuartal pertama 2013.


Menteri Perindustrian MS Hidayat, pekan lalu memastikan, rumusan Pepres LEC sudah rampung dan disiapkan insentif seperti penghapusan Pajak Penambahan nilai Barang Mewah (PPnBM).

"Draf sudah diserahkan ke Setneg (Sekretariat Negara). Menkeu juga meminta waktu untuk melapor ke DPR pada pekan pertama Januari ini, tapi bentuknya konsultasi, bukan permintaan persetujuan," ujar Hidayat, (27/12/2012). Ia berharap regulasi ini bisa keluar Januari, sehingga proses produksi bisa dimulai. 


Jika konsultasi lancar, draft perpres bisa langsung ke Presiden SBY untuk ditandatangani. Setelah regulasi keluar, ATPM bisa memulai produksi, mengacu pada regulasi dan turunannya dari Kementerian sampai Direktur Jenderal. 


Kelompok Astra bersama Daihatsu dan Toyota sudah memperkenalkan produk LCGC Agya dan Ayla. Bahkan sudah menerima banyak pesanan. Namun kedua perusahaan belum bisa memproduksi karena regulasi tak kunjung keluar. Akibatnya, konsumen yang sudah menaruh uang "booking" menunggu tanpa kepastian. Sementara itu, Toyota mengaku sudah menerima 12.000 lebih daftar antrian. 


Kondisi tersebut membuat Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia kecewa. Pasalnya, triliunan rupiah sudah masuk ke Indonesia dalam bentuk investasi baru tetapi tidak disokong oleh percepatan regulasi. Pemerintah dinilai lambat dan tidak peka terhadap kesempatan yang ada.


Sudirman Maman Rusdi, Ketua Umum GAIKINDO mengatakan akan memberikan pernyataan resmi akibat  lambannya penerbitan regulasi LEC tersebut! 



Anda sedang membaca artikel tentang

Regulasi Mobil Murah Masih Harus ke DPR

Dengan url

http://removefoodstress.blogspot.com/2013/01/regulasi-mobil-murah-masih-harus-ke-dpr.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Regulasi Mobil Murah Masih Harus ke DPR

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Regulasi Mobil Murah Masih Harus ke DPR

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger