India Goes to Hollywood, Aktor-aktor Kelas Global  

Written By Unknown on Minggu, 09 Desember 2012 | 12.07


TEMPO.CO, Jakarta - Industri film India tak hanya menghasilkan para sineas yang merajai pasar film di dalam negerinya sendiri, tapi juga menghasilkan para pekerja film yang ketenarannya melebihi batas-batas negaranya.


Siapa saja mereka? Berikut ini beberapa nama di antaranya yang bisa menembus Hollywood (dan tentu saja pasar film di negara-negara di Asia, Afrika, Timur Tengah, dan Eropa).


1. Sahabzade Irrfan Ali Khan atau Irrfan Khan, 50 tahun


Aktor


Pria kelahiran Jaipur, Rajasthan, India, ini pindah ke Mumbai setelah lulus dari National School of Drama pada 1987. Awalnya, ia memulai karier lewat peran-peran tak berarti, baik di teater maupun televisi. Tapi, sejak ia mendapat peran kecil di film Mira Nair, Salaam Bombay (1988), dia pun mulai dilirik orang.


Setelah itu, kariernya melejit dan melewati batas-batas negaranya. Tak hanya produksi Bollywood, ia juga main di film-film produksi Hollywood atau non-Hollywood. Sebut saja Slumdog Millionaire, The Amazing Spiderman, dan terakhir, Life of Pi.


Bahkan film Slumdog Millionaire (2008) karya sutradara Inggris, Danny Boyle, berhasil menggondol delapan Academy Award 2009 dari 10 yang dinominasikan.


2. Anil Kapoor, 53 tahun


Aktor, Produser, Penyanyi


Pria kelahiran Chembur Mumbai, Maharashtra, India, ini sampai didepak dari St. Xaviers College pada tahun keduanya lantaran sering bolos. Ia lalu masuk ke Pune Film Institute, tapi gagal dalam mata ujian penulisan.


Akhirnya, ia bergabung ke sekolah acting, Roshan Taneja. Ia memulai karier film layar lebar produksi Bollywood pada 1979 lewat film Hamare Tumhare. Di sini, ia hanya menjadi aktor pendukung. Setelah beberapa kali hanya menjadi aktor pendukung, Kapoor menjadi pemeran utama di Woh 7 Din, 1983. Setelah itu, kariernya tak terbendung: ia sudah membintangi hampir 100 film dan memproduksi sendiri lima film.


Kariernya di luar Bollywood dimulai pada 2008 ketika main di film buatan sutradara Inggris, Slumdog Millionaire. Kapoor juga tampil di film seri produksi HBO, 24, hingga delapan musim, yang membuatnya menjadi aktor India yang sangat terkenal di luar negaranya. Dia juga diajak Tom Cruise bermain dalam Mission: Impossible–Ghost Protocol (2011).


3. Amitabh Harivansh Srivastav atau Amitabh Bachchan, 70 tahun


Aktor, Produser, Penyanyi, Presenter Televisi


Lahir di Allahabad, Uttar Pradesh, India, ia memulai kariernya di dunia film pada 1969 sebagai pengisi suara di film Bhuvan Shome. Meskipun disebut-sebut bisa masuk ke Bollywood lantaran membawa surat sakti dari kawan dekatnya, Rajiv Gandhi (almarhum), akhirnya ia bisa membuktikan bahwa film memang jalur hidupnya. Lewat film Anand (1971), Bachchan mendapat Filmfare Best Supporting Award.


Sempat terjun ke dunia politik tapi akhirnya kembali ke jalur film, Bachchan juga disebut-sebut sebagai salah satu insan film yang mempengaruhi industri film di India.


Ia tengah memulai debutnya di luar Bollywood lewat film The Great Gatsby, yang baru akan tayang pada 10 Mei 2013. Film ini karya sutradara Australia, Baz Luhrmann, dengan pemeran utama Leonardo DiCaprio.


IMDB | WIKIPEDIA| BOLLYWOOD.COM | GRACE S GANDHI


Berita Terkait:


Lelah, Shah Rukh Khan Ketiduran Sebelum Konpres


Ke Indonesia, Shah Rukh Khan Tanpa Kajol


Shah Rukh Khan Bawa Pasukan 100 Orang


Tiket Shah Rukh Khan Paling Mahal Rp 12 Juta


3 Artis Cantik Bollywood Ini Temani Shah Rukh Khan


Ke Indonesia, Shah Rukh Khan Sewa Pesawat Pribadi


Bagaimana Bollywood Mempengaruhi Dunia


Bollywood Merambah Dunia


Film Pertama India Film Bisu


Cinema India dari Masa ke Masa


Anda sedang membaca artikel tentang

India Goes to Hollywood, Aktor-aktor Kelas Global  

Dengan url

http://removefoodstress.blogspot.com/2012/12/india-goes-to-hollywood-aktor-aktor.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

India Goes to Hollywood, Aktor-aktor Kelas Global  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

India Goes to Hollywood, Aktor-aktor Kelas Global  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger