Presiden: Pimpinan Daerah, Sensitiflah!

Written By Unknown on Jumat, 30 November 2012 | 12.28




Cegah Konflik


Presiden: Pimpinan Daerah, Sensitiflah!





Penulis : Sandro Gatra | Jumat, 30 November 2012 | 11:49 WIB













JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menginstruksikan kepada seluruh kepala daerah dan pimpinan aparat keamanan, khususnya pada tingkat kabupaten/kota ke bawah, untuk peka terhadap situasi di daerah masing-masing. Hal itu dikatakan Presiden saat memberikan pengarahan kepada gubernur, bupati/walikota, kepala polda, kepala polres, panglima kodam, dan komandan korem seluruh Indonesia di Hotel Sahid Jakarta, Jumat (30/11/2012).


"Sensitiflah terhadap isu yang berkembang. Peka kalau ada keganjilan, sensitif kalau ada ketegangan di masyarakat, di komunitas," kata Presiden.


Sebenarnya, para kepala daerah itu dikumpulkan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi terkait persiapan pemilu 2014. Berkumpulnya kepala daerah itu lalu dimanfaatkan Presiden untuk memberikan pengarahan terkait konflik komunal, kekerasan, dan masalah perburuhan.


Presiden mengkhususkan instruksi itu kepada bupati/walikota, kepala polres, dan komandan korem dan jajaran di bawahnya lantaran mereka yang mengerti betul situasi di daerahnya. Adapun pimpinan di tingkat gubernur keatas, kata Presiden, sulit mengetahui lantaran terkendala jarak.


Presiden menambahkan, jika pimpinan daerah itu menemukan adanya keganjilan, harus dibuka saluran komunikasi dengan masyarakat. "Sudah tidak peka, tidak sensitif tersumbat pula saluran komunikasinya sehingga menjadi ledakan-ledakan aksi kekerasan," kata dia.


Presiden juga menginstruksikan agar kepala daerah proaktif dengan menjemput bola. Jika upaya pencegahan telah dilakukan, namun konflik tetap terjadi, Presiden meminta aparat keamanan dan penegak hukum melakukan penanggulangan dengan profesional dan proporsional.


"Tegas dan tuntas. Jangan menghindar, jangan membiarkan. Dengan kepemimpinan lapangan yang baik, berikan rasa aman di masyarakat dengan memberikan kepastian hukum dan tidak membiarkan aksi kekerasan terjadi," kata Presiden.






Editor :


Inggried Dwi Wedhaswary















Anda sedang membaca artikel tentang

Presiden: Pimpinan Daerah, Sensitiflah!

Dengan url

http://removefoodstress.blogspot.com/2012/11/presiden-pimpinan-daerah-sensitiflah.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Presiden: Pimpinan Daerah, Sensitiflah!

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Presiden: Pimpinan Daerah, Sensitiflah!

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger