Indonesia Juga Perlu Sepeda Motor Listrik!

Written By Unknown on Jumat, 30 November 2012 | 12.07


OTOSIA.COM - Tak hanya sepeda motor, mobil listrik pun belakangan mulai terwujud. PT Pindad pada Agustus lalu mulai memamerkan penggerak listrik buatannya di Bandung. Penggerak bernama Brushless DC Motor itu nantinya akan dipasang pada mobil listrik. Dayanya sendiri 50 KW, alias cukup besar.


Soal mobil listrik, publik Indonesia sudah kenal model hibrida yang disuguhkan oleh Toyota lewat Prius dan terakhir Camry. Honda pun ikut tren ini, walau popularitasnya sebatas suam-suam kuku.


Pemanfaatan teknologi elektrik di kalangan pengguna mobil memang lebih kentara ketimbang di sepeda motor. Ini juga soal ketersediaan produk, di samping tingkat pendidikan konsumennya yang butuh kemampuan memahami lebih dan karenanya bisa dan mau membeli sesuatu karena alasan teknologi tinggi.


Jika kerap muncul keluhan sepeda motor di Indonesia terlalu banyak, alih-alih menambah polusi udara dan suara. Maka memang sepeda motor elektrik bisa jadi solusi. Entah apakah adil jika mengatakan bahwa 'masyarakat Indonesia tidak suka motor listrik karena mahal'. Sementara produknya sendiri, yang sesuai keinginan pasar, tidaklah ada?


Soal keengganan masyarakat di Indonesia terhadap motor listrik pernah disampaikan seorang penjaja skuter listrik di kawasan Bekasi. Menurutnya, skuter yang ia jajakan dinilai makan biaya lebih untuk urusan penggantian baterai.


Dalam perhitungannya, ganti baterai dijadwal dua tahun sekali dengan biaya setengah juta rupiah lebih. Alhasil, tak ada bedanya dengan motor berbahan bakar bensin.


Kalau mengandalkan pemerintah lagi, sekarang saja program mobil murah belum juga tuntas. Meski demikian, kita masih bisa berharap. Dengan munculnya usaha-usaha kuat seperti dari TDR tadi, selayaknya harapan menggejalanya sepeda motor listrik.


Dengan harapan untuk mengurangi polusi udara dan suara masih boleh jadi harapan. Terlebih lagi, ada kabar bahwa TRD berencana punya pabrik perakitan yang konon akan dibangun di kawasan industri di pinggiran Jakarta. Jadi, sekali lagi, keep the faith.


Baca juga:


12 MOBIL MEWAH DINAS PEMERINTAH RI


12 ATURAN LALU LINTAS PALING BANYAK DILANGGAR


(kpl/why/vin)


Anda sedang membaca artikel tentang

Indonesia Juga Perlu Sepeda Motor Listrik!

Dengan url

http://removefoodstress.blogspot.com/2012/11/indonesia-juga-perlu-sepeda-motor.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Indonesia Juga Perlu Sepeda Motor Listrik!

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Indonesia Juga Perlu Sepeda Motor Listrik!

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger